Rabu, 06 April 2011

Pakan Glass Eels

cacing sutra
Glass eel (anakan sidat) memakan hewan-hewan kecil seperti larva ikan, larva udang, cacing kecil dll.  Untuk budidaya, glass eel dapat diberi pakan dengan pelet. Jika glass eel sejak dini sudah diperkenalkan dengan pelet, maka akan mudah dalam pemberian pakannya. Beda dengan yang tidak diperkenalkan dengan pelet sejak dini, maka ketika sudah besar maka sidat tidak akan mau memakan pelet yang kita berikan. Selain pelet,  glass eel dapat diberi pakan cacing sutra / cacing tubifex.
Cacing sutra / cacing tubifex :

Filum : annelid
Kelas : oligochaeta
Ordo : haplotaxida
Bentuk tubuh cacing ini menyerupai rambut dengan panjang badan antara 1-3cm dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Cacing ini memiliki 57% protein dan 13% lemak dalam tubuhnya.
Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas.
Bahan organik yang baik untuk digunakan oleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam, dedak (bekatul) dan lumpur.